Bullying atau Perundungan merupakan tindakan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk mengintimidasi dan mempermalukan orang lain di depan umum, biasanya kasus bullying sering kali terjadi di lingkungan sekolah ataupun kerja, nggak hanya itu kasus bullying bisa saja terjadi dimanapun, untuk itu kemampuan menghadapi bullying harus banget kita kuasai. Tindakan bullying sering kali mempengaruhi tingkat stress dan menurunkan rasa percaya diri, bahkan bullying bisa memicu gangguan jiwa seseorang.

Berikut 5 cara elegan yang bisa kalian terapkan untuk menghadapi Bullying.

  1. Jangan Pernah Menyalahkan Diri Kamu

Saat kamu sedang mengalami tindakan bullying jangan pernah berpikir kamu yang salah, kamu nggak pantas berada disebuah kelompok dan berpikir kalau kamu memang pantas di bully. Pikiran seperti itu hanya bisa membuat kamu semakin down dan terpukul, jangan biarkan orang lain menurunkan rasa percaya diri kamu dengan ejekan tidak berguna yang mereka lontarkan, Harus kamu ingat, masalah hanya ada pada mereka yang membully bukan pada kamu.

  1. Gunakan Humor Untuk Membalas Bullying

Kamu bisa pakai cara ini buat ngebalas mereka si pelaku bullying, agar mereka tidak merasa bahwa ejekan mereka berhasil menindas kamu. Dan kamu nggak perlu marah buat ngehadepin ejekan mereka, itu hanya akan membuat mereka merasa berhasil karena sudah membuat kamu marah. Hadapi mereka dengan tenang dan dengan senyuman pastinya.

  1. Kenali Diri Tingkatkan Potensi

Biasanya pelaku bullying tidak lebih baik dari kamu, mereka jauh dibawah kamu, untuk itu nggak usah lagi kamu merasa rendah diri di hadapan mereka. Hal yang mesti kamu lakukan adalah terus gali potensi dan tingkatkan prestasi kamu, gunakan Prestasi buat ngebales mereka yang suka membully.

  1. Bicara kepada Pelaku secara Asertif

Ketika kamu di bully nggak perlu bereaksi berlebihan, tapi nggak ada salahnya juga buat merespon. Hampiri mereka dan katakan dengan tegas bahwa perilaku mereka nggak benar. Nggak perlu emosi ketika berbicara dengan mereka, kamu hanya perlu ketegasan dan sikap yang dewasa.

 

  1. Harus Berani Speak Up dengan orang Terdekat

Terkadang para pelaku bullying akan mengancam si korban untuk nggak melaporkan perilaku mereka. Tapi kamu nggak perlu takut akan ancaman mereka, kalau tindakan bullying yang kamu alami sudah terjadi kekerasan fisik atau perilaku lain diluar batas wajar, kamu harus berani melaporkan ke orang terdekat untuk meminta bantuan dan jangan lupa kumpulkan bukti-bukti yang akurat.

Nah, itu 5 cara elegan yang bisa kamu pakai dalam menghadapi bullying. Kamu harus tahu bahwa orang yang melakukan bullying sebenernya merasa inferior di dalam mungkin karena hidupnya kurang sempurna, misalnya keluarga yang kurang harmonis, merasa iri dengan rejeki/nikmat orang lain, dan lainnya. Mereka hanya bisa bersikap superior buat menutupi hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *