Hai GenRengers!

Marhaban ya Ramadan. Nggak Kerasa ya, kita sudah memasuki hari ke 6 dibulan ramadan ini, bulan yang penuh dengan keistimewaan. Pada bulan ramadan pahala akan dilipat gandakan apabila kita melakukan sebuah kebaikan. Banyak Kegiatan yang selalu dirindukan pada bulan ini, seperti sahur, bukber yang membeludak, mencari takjil di pasar kuliner ramadan, salat tarawih, SOTR (sahur on the road), kuliah subuh, mengisi buku ramadan, meminta tanda tangan imam tarawih, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, dari sekian banyak kegiatan ternyata ada kebiasaan yang bisa mengurangi pahala puasa kamu di bulan ramadan. Sebaiknya, hindari hal-hal ini dan jalani puasa dengan penuh keikhlasan ya. Berikut kebiasaan yang bisa mengurangi pahala puasa kamu dibulan ramadan.

 

Tidur Sepanjang Hari

Tidur nya orang yang berpuasa adalah ibadah dan bisa mendatangkan pahala, tapi kalau tidur dari subuh sampai menjelang waktu magrib itu nggak baik sih, dan akan mengurangi pahala puasa. Baiknya tidur cukup sebentar saja untuk menghindari hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa lainnya seperti bergosip, marah, dan berkata kotor saat berpuasa. Selain itu juga bisa melakukan sesuatu yang produktif saat berpuasa, seperti olahraga di pagi hari, belajar dan tadarusan agar pahala yang didapat akan berkualitas.

Makan Berlebihan

Dilihat dari sisi kesehatan, kegiatan puasa justru akan meningkatkan kesehatan dan menjauhkan tubuh dari penyakit berbahaya dengan catatan apabila kita bisa menjaga pola makan. Namun, nggak sedikit orang yang memakan semua makanan ketika berbuka sebagai ajang balas dendam, padahal hal ini nggak baik bagi sistem pencernaan di dalam tubuh. Perlu kamu ingat guys, berpuasa nggak hanya menahan lapar dan haus saja apalagi balas dendam saat berbuka, ini adalah momen yang pas buat memperbaiki diri dan beribadah.

BDD (Buka Diam-Diam)

Nggak sedikit orang sering melakukan ini, Ikut sahur, ikut berbuka, ngaku berpuasa padahal diam-diam di tengah hari bolong nyedot es teh dan makan bakso. Dan ada juga yang sarapan bubur dipagi hari, ketika di tegur ngakunya lupa kalau puasa, tapi malah dilanjut makannya sampai habis. Hal ini selain bisa membatalkan puasa, kamu juga bisa mendapatkan dosa karena sudah berbohong kepada orang lain.

Ngegosip

Buat kamu yang suka ngegosip ngomongin orang saat nongkrong, atau ngegosip di grup media sosial sebaiknya mulai kurang-kurangi deh dari sekarang.  Ngegosip merupakan salah satu hal yang bisa mengurangi pahala puasa kamu dan merupakan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Nggak hanya mengurangi pahala bahkan ngegosip bisa membatalkan puasa. Sayang banget kan, sudah menahan lapar dan haus seharian tapi nggak dapat pahala karena ngegosip.

Bolos Shalat Tarawih

Keistimewaan bulan ramadan salah satunya adalah shalat tarawih, biasanya di awal-awal bulan hampir semua masjid dan mushola ramai dipenuhi dengan orang yang menjalankan ibadah tarawih. Tapi dipertengahan mulai berkurang sedikit demi sedikit, dan sesampainya mendekati lebaran hanya ada 3-5 shaf. Alasannya ada yang meninggalkan tarawih karena jadwal bukber yang membeludak, pergi ke mall mempersiapkan baju lebaran dan alasan yang sering didengar, karena kekenyangan berbuka puasa dan langsung tepar di Kasur. Ada juga yang berbohong, berpamitan mau tarawih eh taunya nyelonong ke warnet, mall, kerumah teman, bahkan masih ada saja yang perang sarung. Padahal shalat tarawih datang hanya setahun sekali, kita harus melaksanakannya dengan tulus dan ikhlas, karena belum tentu tahun depan kita bisa shalat lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *